0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hercules Yang Jatuh di Medan Bekas Pengangkut BBM

dok.merdeka.com

kecelakaan Hercules C-130

Timlo.net – Fakta terungkap di balik kecelakaan Hercules C-130 di Medan. Sedianya, pesawat itu difungsikan sebagai pengangkut bahan bakar. Namun, fungsi itu sudah berubah menjadi alat angkut logistik TNI.

“Hercules yang jatuh itu tadinya jadi tanker, sehingga kalau dilihat hitungan kilometernya masih muda,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko , Kamis (2/7).

Sebelumnya, Para pilot pesawat Hawk Mk53 TNI AU berlatih cara mengisi BBM di udara. Sistem yang disebut air refuelling ini cukup sulit karena dilakukan dalam kondisi pesawat sedang mengangkasa.

Latihan yang berlangsung selama empat hari ini didukung oleh pesawat Hercules A-1309 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Radar Suharsono menjelaskan latihan air refueling sangat diperlukan bagi para penerbang pesawat tempur. Latihan berguna bila seorang pilot atau penerbang sedang melaksanakan pertempuran di udara atau akan menyerang ke sasaran musuh yang letaknya cukup jauh dari home base.

“Kondisi itu tentunya memerlukan pengisian bahan bakar maka penerbang tersebut tidak perlu ke home basenya namun dapat mengisi bahan bakar di udara dengan bantuan pesawat Hercules milik Skadron Udara 32,” kata Letkol Radar.

[ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge