0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebo Kenongo Mbalelo di Balekambang

Pentas ketoprak Seniman Muda Surakarta (dok.timlo.net/ist)

Solo — Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), Sabtu (4/7), di Gedung Kesenian Balekambang, akan mementaskan lakon Kebo Kenongo Mbalelo. Menurut Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, lakon ini sangat terkenal di Pantura, namun jarang dipentaskan di wilayah Soloraya. Bertindak sebagai sutradara, pemain senior KSMS, Meteor Slenk.

Tatak Prihantoro optimis lakon ini akan mampu menarik pecinta ketoprak untuk hadir di Taman Balekambang, “Lakon ini termasuk cerita pakem, berlatar belakang transisi pemerintahan Majapahit ke Kesultanan Demak Bintara, penuh intrik perebutan kekuasaan dan ideologi,“ ungkapnya melalui rilis yang diterima Timlo.net, Kamis (2/7).

Sutradara pentas, Meteor Slenk, menjelaskan, tokoh Kebo Kenongo masih trah keturunan Majapahit. Bapak dari Jaka Tingkir ini sudah lama tidak hadir di Demak Bintoro, sehingga Sultan Patah mengutus Sunan Kudus ke Pengging  untuk menemuinya. Ketidakhadiran Kebo Kenongo ke Demak disinyalir ingin melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Islam Demak Bintoro.

“Saat Sunan Kudus berhasil menemui Kebo Kenongo, ternyata tidak ada niatan makar ke Demak, tetapi Kebo Kenongo beralasan  saat ini lebih suka mendalami spiritualitas bersama Syech Siti Jenar. Dari sinilah konflik terbangun, sangat menarik, hingga akhirnya Kebo Kenongo meninggal,“ tuturnya. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge