0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungan Wisatawan Mancanagera ke Solo Anjlok

Wisatawan manvanegara berkunjung ke Istana Mangkunegaran Solo (Dok. Timlo.net)
Solo – Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) yang datang melalui Bandara Adi Sumarmo pada bulan Mei 2015 menunjukkan trend negatif. Pasalnya, jumlah kunjungan Wisman turun hingga 6,36 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.
“Pada bulan Mei jumlah kunjungan Wsman yang datang hanya sekitar 618 orang. Padahal di bulan sebelumnya (April) sebanyak 660 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto, kemarin.
Menurutnya, kondisi tersebut semakin jauh terpuruk jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (2014). Dimana jumlah kunjungan Wisman yang datang mencapai 1692 orang. “Namun demikian dari data yang kami himpun, jika dilihat dari asal negaranya, jumlah Wisman terbanyak berasal dari Malaysia yaitu 332 orang, disusul Singapura 93 orang dan Thailand sebanyak 13 orang,” jelasnya.
Sedangkan untuk tingkat penghunian kamar (TPK) hotel, Bagus mengatakan, untuk bulan Mei cenderung ada kenaikan 11,55 persen dibandingkan bulan sebelumnya. “Kenaikan TPK hotel secara signifikan terjadi pada klasifikasi hotel bintang 4+ yakni sebesar 55,55 persen. Sedangkan terendah terjadi pada hotel bintang 2 yang hanya mencapai angka 39,43 persen,” ungkapnya.
Kendati demikian, ia menambahkan jika untuk rata-rata lama menginap wisatawan di hotel berbintang cenderung mengalami penurunan, yaitu 1,56 hari di bulan sebelumnya menjadi 1,40 hari di bulan Mei 2015.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge