0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juni, Inflasi Kota Solo Naik Jadi 0,53 Persen

dok.timlo.net/setyo pujis
Pedagang bawang merah di pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)
Solo – Perkembangan harga berbagai komoditas pada Juni 2015 secara umum menunjukkan adanya kenaikan. Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan Badang Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, terjadi inflasi sebesar 0,53 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 0,37 persen.
“Kenaikan itu terlihat dalam data indeks harga konsumen (IHK) dari 116,53 pada bulan Mei menjadi 117,15 pada bulan Juni,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, kemarin.
Dari tujuh kelompok pengeluaran konsumsi yang dihitung IHK-nya, 6 kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan yaitu bahan kelompok makanan 1,82 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau naik 0,49 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik 0,12 persen, kelompok sandang naik 0,30 persen, kelompok kesehatan naik 0,08 persen dan kelompok  transport, komunikasi dan jasa keuangan naik 0,23 persen.
“Sedangkan untuk kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga cenderung stabil atau tidak mengalami perubahan harga,” jelasnya.
Ditambahkan, untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga memberikan andil terhadap inflasi antara lain, daging ayam ras, cabai rawit, telur ayam ras, bawang merah, minyak goreng, rokok kretek filter, gula pasir, petai dan apel.
“Minimnya angka inflasi yang terjadi saat ini juga karena dipengaruhi faktor kebijakan pemerintah terkait dengan pengendalian harga pangan,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge