0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sepakat, Jenderal Gatot Sebagai Panglima TNI

merdeka.com

Jenderal Gatot Nurmantyo

Timlo.net — Sepuluh fraksi partai politik yang duduk di Komisi I DPR kompak menyetujui pencalonan Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI. Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq menyebut ada beberapa fraksi yang menyetujui dengan beberapa catatan.

”Seperti Fraksi NasDem yang memberikan catatan meminta komitmen dari Jenderal Gatot Nurmantyo untuk memprioritaskan industri pertahanan dalam negeri. Fraksi PPP memberikan catatanya. Yakni meminta Gatot Nurmantyo tak hanya menjadi Panglima TNI yang berani, tegas dan ikhlas, tetapi turut menjadi pemimpin yang bertanggung jawab,” ujar dia, Rabu (1/7).

Fraksi Golkar menyetujui dengan tiga catatan yakni, melakukan langkah terobosan dalam memenuhi kesejahteraan prajurit TNI, mencari terobosan sengketa perumahan di lingkungan TNI, ketiga menguatkan partisipasi masyarakat untuk mendukung tupoksi TNI.

“Hanura, PKS, PKB, Demokrat, PDIP, PAN dan Gerindra menyetujui tanpa memberikan catatan. Jadi sepuluh fraksi di Komisi I DPR menyetujui pencalonan Jenderal Gatot Nurmantyo,” kata Mahfudz yang membacakan kesimpulan dari fit and proper test.

Setelah mendapatkan persetujuan dari Komisi I DPR, nama Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI akan diserahkan ke pimpinan DPR untuk dibawa ke Badan Musyawarah sebelum ditetapkan dalam rapat paripurna.

Sementara itu, usai menjalani fit and proper tes, mantan Pangkostrad ini mengaku bangga dengan pertanyaan yang diebrikan oleh anggota Komisi I.

“Jujur pertanyaan-pertanyaan dari Komisi I itu tidak saya duga. Semakin malam semakin menggigit pertanyaannya. Ini yang bikin saya bangga dengan Komisi I karena pertanyaannya strategis,” kata Gatot di Ruang Sidang Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7).

Menurutnya, semua masukan yang diberikan oleh fraksi partai politik dicatatnya dengan baik. Dia siap mempertanggungjawabkan semua yang disampaikannya tadi.

“Catatan-catatan yang disampaikan tadi sudah saya catat. Ada hal yang harus dilakukan berdasarkan pendalaman dan harus dipertanggungjawabkan dan dilakukan,” tuturnya.

[efd]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge