0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, Mobil Dinas Pemkot Solo Dikandangkan

Mobil dinas Pemkot Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budi Suharto telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait pelarangan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran. Pelarangan ini meliputi kendaraan dinas bagi Walikota, Wakil Walikota dan semua jajaran di bawahnya. Rencananya kendaraan dinas ini akan mulai “dikandangkan” pada 15 Juli mendatang, jelang cuti bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Semua kendaraan dinas, kecuali kendaraan dinas yang sifatnya operasional pelayanan masyarakat, seperti ambulans, truk sampah, kendaraan petugas pemungut pajak atau retribusi, satpol PP, itu tidak dikandangkan,”
ungkapnya, Rabu (1/7).

Budi mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap seluruh mobil dinas tersebut. Mobil itu akan disimpan sementara di kawasan Balaikota Solo.

Pelarangan penggunaan mobil dinas untuk mudik Lebaran ini, kata Sekda dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan aset negara untuk kepentingan pribadi. Tak segan-segan dirinya akan menerapkan sanksi jika kedapatan ada oknum PNS yang nekat menggunakan mobil dinas selama cuti bersama.

“Sebenarnya ini lebih kepada faktor kehati-hatian saja untuk mengamankan aset negara. Kami tidak ingin kendaraan dinas untuk mudik,” katanya.

Sementara, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan pelarangan penggunaan mobil dinas untuk mudik ini cukup mampu mengurangi kemacetan selama lebaran. Dia juga mengatakan, PNS seharusnya tidak memanfaatkan aset negara, selain untuk kepentingan pelayanan masyarakat.

“Ini sudah kita lakukan di tahun-tahun lalu, saya yakin PNS Solo bisa mengerti. Sekalian ini bisa jadi contoh buat PNS lain,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge