0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, Kendaraan Diminta Uji Kir Lebih Dini

Uji KIR kendaraan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Mengantisipasi adanya kendaraan angkutan yang waktu jatuh tempo uji kir saat libur Lebaran berlangsung, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, meminta masyarakat pemilik kendaraan angkutan untuk melakukan uji kir lebih dini.

“Untuk mobil yang jatuh temponya pas libur Lebaran sebaiknya uji KIR dimajukan saja,” kata Kepala Seksi Teknik dan Prasarana Dishubkominfo Karanganyar, Bambang Eko Suharsono, Rabu (1/7).

Bambang menyebutkan, pada bulan ini setidaknya ada ratusan kendaraan yang harus melakukan uji kir. Namun waktu jatuh tempo masing-masing kendaraan beda-beda, bahkan ada juga yang jatuh temponya saat menjelang Lebaran atau saat liburLebaran berlangsung.

“Kalo kita uji kir lebih cepat nantiya kendaraan tetap siap melayani penumpang ataupun mengangkut barang saat menjelang lebaran atau pasca lebaran berlangsung,” jelas Bambang.

Ia berharap tertibnya uji kir untuk angkutan tersebut juga berdampak baik saat proses arus mudik dan arus balik Lebaran berlangsung. Menurutnya, dengan angkutan yang siap, kecelakaan bisa dihindari sejak dini.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Bambang Erwadi meminta kepada para pengelola angkutan untuk menyiapkan sopir yang baik saat arus mudik dan balik mendatang. Penyiapan sopir itu tidak kalah penting dengan penyiapan fisik pada kendaraan. Pasalnya tidak siapnya pengemudi itu bakal menyebabkan kecelakaan yang ujungnya merugikan para penumpang dan pengguna jalan yang lain.

“Kami meminta agar sopir yang fisiknya sedang tidak baik untuk tidak diberangkatkan terlebih dahulu,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge