0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Melirik Modifikasi Jip

Timlo.net - Khalik

Modifikasi Jip

Timlo.net – Beberapa tahun terakhir, modifikasi Jip makin menggeliat. Tampilannya yang gagah menjadi motivasi sebagian kalangan untuk merombaknya.

Tampilan Jip yang kekar cocok digunakan di segala medan. Baik off road maupun di jalan raya. Kalau sudah gandrung, mereka tak segan keluar biaya jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk mendandani tunggangannya.

Bagi sebagian besar pemodif, yang perlu dilakukan pertama kali, adalah mengganti ukuran ban dan velg dengan ukuran lebih besar. Rata-rata mereka memilih ukuran 285/70/17 atau 305/65/17, atau pada ring 20 inchi dengan daya cengkeram 305/50/20.

“Penambahan disesuaikan degan keinginan pemilik, tergantung selera dan budget yang dia miliki,” kata Budi Suprihadi, pemilik bengkel di kawasan Jl Letjen Sutoyo, Mojosongo, Solo.

Selesai pada bagian roda, suspensi menjadi tahapan selanjutnya. Dengan menyematkan suspensi yang lebih panjang, kesan gagah pada bodi mobil lebih nampak.

“Suspensi dengan jarak yang lebih panjang akan memperkokoh bentuk kaki serta membuat penampilan mobil itu menjadi sangar dan gagah,” kata Budi.

Bagian selanjutnya, dipasang winch pada bumper depan. Tujuannya sebagai pengaman dan mempermanis, mempertegas bentuk tampilan.

Pemasangan roller bar pada bumper depan juga banyak diminati. Bagi yang sering turun ke arena off road, komponen ini wajib dipasang untuk safety kendaraan. Namun bagi yang beraktifitas di jalan raya saja, komponen ini dipakai sebagai pemanis.

Sementara, perombakan bagian dapur pacu tak kalah penting. Tampilan garang tanpa ditunjang performa mesin yang kuat hanya akan menjadi omong kosong belaka. Pengecekan dan penggantian sejumlah komponen wajib dilakukan supaya mampu membangkitkan tenaga maksimal. Penggantian CDI, kabel aliran listrik, busi serta bagian lain diperlukan supaya suplay kelistrikan tidak terhambat.

Sedangkan untuk mesin diesel, pengecekan rutin di bagian Bosch Pump, saluran bahan bakar serta injeksi.

“Performa mesin juga menjadi syarat penting supaya kendaraan tidak nampak ompong di jalanan,” jelas Budi.

Modifikasi terakhir, terletak di bagian gardan. Perbandingan roda gigi perantara ini diganti dengan perbandingan paling rendah, yakni sekitar 8 : 41. Meski speed kendaraan mengalami penurunan, namun peforma maksimal dapat dicapai.

Dimiliki Kalangan Terbatas

Sudah menjadi rahasia umum jika memodifikasi kendaraan Jip membutuhkan modal yang tidak sedikit. Kebanyakan, pecinta hobi mobil ini dari kalangan pejabat, pengusaha, pengacara, kepolisian dan anggota TNI. Mereka ingin, dalam setiap aktifitasnya ditunjang dengan kendaraan yang sesuai.

“Mereka yang hanya ikut-ikutan menyenangi hobi ini, tidak akan maksimal memodifikasi tunggangannya itu,” kata Budi.

Terkait biaya yang dikeluarkan, menurutnya relatif. Kualitas komponen pengganti menjadi faktor penting dalam menentukan besaran biaya. Rata-rata para pemodif menghabiskan minimal Rp. 30 juta.

“Biasanya disesuaikan dengan budget yang dimiliki,” jelas Budi.

 

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge