0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ernawati, Sarjana Hukum yang Pilih Jualan Mobil

Ernawati Dyah Martanti (dok.timlo.net/david)

Klaten — Bagi Ernawati Dyah Martanti, customer tidak sekedar pembeli produk. Erna mem­posisikan dirinya sebagai konsultan. Terkadang Erna menjadi kakak, anak ataupun ayah bagi customernya.

Jurus Erna ternyata berbuah prestasi kerja. Mengawali karir sebagai salesgirl, Erna kini menjadi perempuan pertama yang menjabat Branch Manager di lingkup PT Astra International. Saat ini, Erna dipercaya sebagai Branch Manager PT Astra International Tbk Daihatsu Klaten.

“Saya menjual karena saya memberi perhatian, layaknya anak dan bapak. Dan itu hubungannya sampai sekarang masih langgeng. Di manapun saya, beliau ini tetap mencari saya. Walaupun saya di Tangerang, saya harus kirim,” kata Erna saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Menjalin komunikasi baik dengan customer menjadi hal penting bagi Erna. Termasuk customer yang kemudian batal melakukan pembelian produk. Apa yang Erna lakukan terbukti membuat banyak customer tetap loyal.

Soal loyalitas konsumen, perempuan kelahiran Madiun, 5 Maret 1978 ini punya cerita tersendiri. Waktu itu, ada seorang customer hendak membeli satu produk­nya. Orang itu sudah memberi uang muka (DP) Rp 20 juta.

Di tengah masa indent, si customer membatalkan pembelian karena hendak menyekolahkan anaknya ke Fakultas Kedokteran. Sesuai aturan perusahaan, DP seharusnya dipotong 20 persen.

Lantaran mengetahui pembatalan disebabkan keinginan menyekolahkan anak, Erna mengupayakan agar tidak dipotong. Dispensasi yang diajukan Erna ternyata disetujui.

“Saya katakan, ini saya usahakan tidak dipotong. Tapi ibu ingat satu hal. Kalau ibu ada dana lagi tolong jangan lupakan saya. Ternyata, 2010, dia telepon. Padahal nomor saya sudah ganti dan sudah pindah di Karawaci ­(Tangerang). Ibu itu tidak mau dilayani di Solo, ia minta ketemu saya. Dia bilang ke saya, ini saya mau beli mobil lagi tapi Mbak Erna sudah tidak di situ. Dari situ saya mengambil pengalaman, apa yang saya tanamkan di customer masih ada hasil setelah sekian tahun,” beber istri Danur Kusbayudi ini.

Meski lulusan Fakultas Hukum di UNS, Erna lebih memilih menjual mobil. Sejak kecil, Erna tidak asing dengan jual-beli mobil.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge