0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasau : Kerusakan Bisa Mesin, Bisa Hidraulik

merdeka.com

Hercules jatuh di Medan

Timlo.net — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna membantah pesawat Hercules nahas yang jatuh di kawasan Simalingkar, Medan, Selasa (30/6) dikomersilkan. Namun, jika penyimpangan itu benar terjadi, dia mengancam akan memecat personel yang terlibat.

“Siapa yang bilang? Jangan ngada-ngada kamu,” kata Agus kepada wartawan di RSUP Adam Malik Medan.

Dia mengatakan, pesawat itu memang tidak hanya membawa personel TNI. Ditanya ketika ada keluarga yang mengaku membayar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk perjalanan dari Medan ke Natuna, Agus kembali membantah.

“Ah tidak ada itu,” ucapnya.

Dia menegaskan, jika personelnya terbukti mengomersilkan pesawat, pasti akan ada sanksi.

“Jelas dong. Bukan punishment. Pecat dong kalau main-main begitu,” ucap Agus.

Namun Agus memaparkan data yang berbeda mengenai jumlah penumpang pesawat yang jatuh. Di lokasi kejadian, dia menyatakan jumlah penumpang 123 orang ditambah 12 kru.

Sementara di RSUP Adam Malik, dia menyatakan jumlah penumpang 101 orang.

“Sampai saat ini data yang saya terima ada 101 penumpang ditambah 12 kru yang terdiri dari 3 penerbang, 1 navigator dan 8 teknisi. Personel TNI yang banyak ya Paskhas. Juga ada 5 penerbang, TNI AD juga melaksanakan A plus ikut dalam pesawat itu,” jelas dia.

Dia juga memaparkan berdasarkan analisa sementara, pesawat hampir dipastikan mengalami masalah.

“Sampai saat ini yg bisa kita analisa. Ada buktinya pilot minta RTB. Kalau pilot kembali ke pangkalan berarti ada masalah. Belum kembali itulah terjadi musibah ini. Dia belum bisa mengonfirmasi masalah itu.

“Jadi ini hanya analisa saya, bisa mesin, bisa hidraulik. Berdasarkan pengalaman pesawat Hercules yang terjadi seperti ini biasanya ada masalah mesin,” ucapnya.

[dan]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge