0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diminta Transfer Uang, Bupati Klaten Nyaris Tertipu

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto
Bupati Klaten Sunarno (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten — Bupati Klaten Sunarno nyaris menjadi korban penipuan dari orang yang mengaku sebuah lembaga resmi pemerintahan. Dengan modus mengirimkan undangan melaui email, oknum yang mengaku dari Kementerian Dalam Negeri (Kermendagri) itu meminta dana sebesar Rp 7,5 juta.

Email berisi undangan kepada Bupati Klaten untuk menghadiri seminar nasional di Jakarta yang diadakan Badan Diklat Kemendagri. Syaratnya, bupati yang hadir diminta mentranfer biaya seminar Rp 7,5 juta melalui
rekening sebuah bank,” beber Kepala Bagian Humas Setda Klaten, Wahyudi Martono, Selasa (30/6).

Melihat alamat email si pengirim bukan menggunakan domain lembaga pemerintahan, yakni go.id, lantas staf Humas Setda Klaten mengkonfirmasinya ke Badan Diklat Kemendagri dan menerima jawaban, seminar tersebut ternyata tidak ada alias fiktif. Selain itu, pejabat bertanda tangan dalam undangan email juga sudah pensiun.

“Pengirim juga dua kali salah dalam penulisan nama Bupati yang tertulis Agus Faturakhman dan Suharna SE MHum, tapi jabatannya Bupati Klaten. Kecurigaan kian bertambah karena penelpon yang mengaku bernama Bambang Raharjo dari Badan Diklat Mendagri selalu mengejar kepastian disposisi surat yang dikirim,” imbuhnya.

Lenih lanjut, Wahyudi berpesan, semua SKPD di lingkungan Pemkab Klaten agar berhati-hati terutama modus kegiatan yang mewajibkan transfer uang. Pihaknya juga telah melaporkan kasus ini ke Biro Humas Provinsi Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge