0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sesi Tanya Jawab Novel Fifty Shades di Twitter Dipenuhi Kritik

Kritik novel Fifty Shades

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Kritik novel Fifty Shades

Timlo.net—Penulis novel Fifty Shades of Grey, E.L James dan para rekannya berpikir mengadakan sesi tanya jawab langsung di Twitter adalah sebuah ide yang bagus. Tapi sesi yang diadakan Senin (29/6) siang waktu setempat justru diambil alih oleh para pengkritik novel sado-masochistic (S&M) yang populer itu.

Hashtag #AskELJames dengan cepat diambil alih oleh mereka yang tidak menyukai novel itu dan menuduh sang penulis meromantisir pelecehan dan menguntit wanita, memuliakan perkosaan dan menjadi novel yang misoginis (menunjukkan kebencian atau ketidaksukaan terhadap wanita). Hashtag ini bahkan sempat menjadi trending nomor satu di Amerika Serikat (AS) dan nomor dua di seluruh dunia.

Salah seorang pengguna Twitter @reginaIdkray misalnya, menulis “#AskELJames seperti apa rasanya mengatakan kepada jutaan wanita bahwa berada dalam hubungan yang abusive tidak masalah selama dia [sang pria–red] kaya?”

Beberapa pengguna Twitter pria malah meminta nasehat dari E.L James. Misalnya pengguna Twitter @LiamDrydenEtc menulis: “#AskELJames Saya perlu nasehat tentang isyarat romantis yang besar. Haruskah saya menaruh pelacak GPS di ponselnya [pacar–red] dan mengancam dia jika dia ingin meninggalkan saya?”

Sementara itu beberapa pengguna lain mengkritik kemampuan menulis James (52) yang dinilai kurang. “Manakah yang lebih Anda benci, wanita atau Bahasa Inggris?” tanya pengguna Twitter @eyeswideshut75.

“Apakah E.L merupakan kependekan dari Eliterate?” sindir pengguna lain @caitlintasey. Beberapa pengguna lain ingin tahu jika gaya tulisan yang buruk dalam seri novel Fifty Shades memang dilakukan James secara sengaja.

“Apakah Anda sengaja menulis dengan begitu buruk sehingga orang akan merasa sakit tapi menikmati proses membaca buku ini?” tanya pengguna @wernerspenguin.

E.L James sendiri tidak menanggapi kritikan-kritikan pedas ini dan memilih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lain misalnya apa adegan favorit yang ditulis dalam novel ini. Dan apakah dia ingin mengubah apapun dalam cerita tentang Anastasia Steele dan Christian Grey ini.

Di akhir sesi ini, dia berterima kasih kepada semua orang dan menggambarkan sesi tanya jawab ini sebagai waktu yang menarik.

Sekalipun dia memperoleh kritikan pedas di sana sini, seperti yang terjadi di Twitter, James tentunya tidak merasa sedih karena novelnya menghasilkan $58 juta.

Film “Fifty Shades of Grey” yang dibintangi Dakota Johnson dan Jamie Dornan sendiri memperoleh penghasilan kotor sebesar $500 juta.

Ada dua sekuel film yang saat ini sedang digarap yaitu Fifty Shades Darker dan Fifty Shades Free dan baru-baru ini James merilis novel Grey, yang membahas cerita dalam buku pertama dari sudut pandang Christian Grey.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge