0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Arus Mudik Lebaran, Polisi Periksa Rel KA

Polisi memeriksa rel kereta api (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Untuk memperlancar dan meminimalisir kecelakaan kereta api menjelang arus mudik lebaran, aparat polres Karanganyar melakukan pemeriksaan rel kereta api (KA), Selasa (30/6). Hasilnya banyak baut dan mur rel kereta yang kendor dan lepas. 

“Temuan ini langsung kita laporkan ke PT Kereta Api Indonesia(KAI) untuk segera dilakukan perbaikan,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo saat ditemui wartawan usai melakukan pengecekan rel, Selasa (30/6).

Pemeriksaan jalur kereta ini, lanjut AKP Suryo,  dilakukan di wilayah perbatasan Karanganyar dengan kabupaten Sukoharjo. Aparat Polres Karanganyar menyisir mulai dari pintu perlintasan Palur sepanjang 3 kilometer. Polisi bersenjata lengkap ini meneliti setiap sambungan rel (pen roll) serta baut dan mur rel kereta api. 

“Kita temukan beberapa pen roll dan baut yang kendor maupun lepas,” kata AKP Suryo.

Selain akan melaporkan temuan baut hilang dan pengait yang mengendur, kata Kasubag Humas, Polres Karanganyar juga meminta Pemkab Karanganyar untuk menempatkan petugas di perlintasan tanpa palang untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta tanpa palang.

“Kami akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk penjagaan perlintasan yang tidak berpalang pintu,” terang Kasubag Humas.

Jalur kereta api sendiri termasuk dalam pengawasan Polres Karanganyar dengan melakukan patroli di sejumlah jalur kereta api di wilayah Karanganyar . Hal ini untuk menghindari adanya upaya pencurian yang kerap terjadi di sepanjang rel kereta api. Polisi akan bekerja sama dengan PT KAI untuk melakukan pengamanan tersebut hingga jalur kereta api akan seratus persen siap untuk dilewati kereta api yang mengangkut para pemudik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge