0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, Pedagang Batik Tambah Stok

Toko baju batik (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sejumlah pedagang batik di Solo mulai melakukan penambahan stok barang. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Lebaran.

Wisti Valerina, Store Manager Putra Batik Bengawan mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan penambahan stok hingga 30 persen sejak awal Ramadan, karena menurutnya sebagian besar pelanggan sudah mulai melakukan pembelian bahan untuk persiapan Lebaran.

“Pembelian bahan batik sudah mulai ada peningkatan sejak awal Ramadan. Kebanyakan mereka yang membeli akan digunakan untuk pakaian keluarga besar. Sehingga perlu waktu untuk pembuatan,” ujarnya saat ditemui Timlo.net, kemarin.

Ia menuturkanke, banyakan pembeli tidak hanya datang dari dalam kota, melainkan juga banyak dari luar kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Kalimantan. “Tingginya permintaan dari luar kota itu karena kita juga memaksimalkan pasar melalui media online, sehingga untuk melayani permintaan tersebut saat ini kita menggandeng jasa ekspedisi untuk pengiriman barang,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan pedagang lainnya. Cici, karyawan toko batik Sekarjaya mengatakan, peningkatan permintaan sudah terjadi sejak seminggu sebelum Ramadan. Pembeli rata-rata dari para pedagang musiman dan sejumlah perusahaan.

“Pedagang musiman juga sebagian sudah mulai banyak yang melakukan pembelian. Rata-rata yang diminati dengan harga kisaran Rp 30 ribu – Rp 60 ribu,” ungkapnya.

Ia memprediksi permintaan batik akan terus meningkat seiring dengan mendekati Lebaran. Untuk mengatisipasi lonjakan, pihaknya sudah melakukan penambahan stok hingga tiga kali lipat dari biasanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge