0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Harus Punya Polical Will Bangun Pemuda

timlo.net/eko prasetyo

Dr Yuni Poerwanti MPd

Solo – Pemerintah harus mempunyai polical will untuk membangun pemuda. Sejauh ini memang belum menjadi prioritas. Padahal membangun pemuda tidak boleh dipandang sebelah mata, harus serius, sungguh-sungguh, sistematis dan berkelanjutan.

“Harus menjadi prioritas,” tanda Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Dr Yuni Poerwanti, MPd kepada wartawan di Kampus UNS, Solo, Senin (29/6).

Yuni mengatakan bahwa membangun pemuda sama dengan menghantarkan masa depan para tokoh dan pemimpin. “Itu tanaman para pembangun pemuda,” tandasnya.

Sesuai UU RI Nomor 40 tahun 2009, kata Yuni, pemuda mempunyai peran aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional, dengan memiliki semangat juang, sifat kritis, idealis, inovatif, progresif, dinamis, reformis dan wawasan jauh kedepan.

Sebagai kekuatan moral, kata Yuni, pemuda mampu menumbuh kembangkan aspek etik dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan kepemudaan, memperkuat iman dan taqwa, ketahanan mental spiritual dan meningkatkan kesadaran hukum.

Sebagai kontrol sosial, pemuda mampu memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggungjawab, hak, kewajiban sebagai warga negara; menjamin transparansi dan akuntabilitas, dan sebagainya.

Sebagai agen perubahan, pemuda mampu mengembangkan, pendidikan politik dan demokratisasi, sumber daya ekonomi, kepedulian terhadap masyarakat, pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya.

“Masa depan negeri ini ada ditangan pemuda,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge