0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Serentak, Bawaslu Jateng Terjunkan Puluhan Ribu Pengawas

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) Pilkada (dok.merdeka.com)

Solo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah menerjunkan puluhan ribuan pengawas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015. Personil pengawas mulai dari pengawas tingkat kota hingga pengawas di tiap tempat pemungutan suara (TPS).

“Saat ini PPL (Panitia Pengawas Lapangan – Red) sedang rekruitmen. Target kami awal Juli sudah terbentuk karena untuk pengawasan pemutakhiran pemilih,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo kepada Timlo.net, pekan lalu, di Solo.

Rekruitmen PPL akan melengkapi pengawas kecamatan dan pengawas tingkat kabupaten/kota yang saat ini sudah terbentuk. Selain PPL, menjelang pemungutan suara juga akan dibentuk satu pengawas di tiap TPS.

“Total, ada puluhan ribu pengawas yang kami libatkan,” ujar Teguh.

Disinggung relawan pengawas, Teguh menyatakan, untuk Pilkada tahun ini, pengawas dari relawan tidak dilembagakan. Namun demikian, Bawaslu tetap mengharapkan partisipasi pengawasan dari masyarakat.

“Bawaslu hanya melakukan sosialisasi kepada kelompok masyarakat di 21 kabupaten/kota di Jateng agar mereka mengetahui alur atau sistem pengawasan. Selebihnya, Panwaslu kota/kabupaten bisa membentuk relawan pengawas jika anggaran APBD memungkinkan. Jadi, kreasi masing-masing Panwaslu kota/kabupaten,” terang dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge