0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Solo Larang PNS Mudik Pakai Mobdin

Mobil dinas (dok.timlo.net/dhefi)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menggunakan mobil dinas (Mobdin) selama mudik Lebaran. Alasannya, keberadaan mobil dinas ini seharusnya dipergunakan untuk pelayanan publik, dan bukan digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Tidak boleh. Karena kendaraan dinas ini kan aset negara. Harus kita jaga, dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi,” ungkap Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Senin (29/6).

Menurut Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, kemacetan di jalan raya juga menjadi pertimbangan tersendiri. Selain itu, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) juga bisa ditekan dengan tidak memperbanyak jumlah kendaraan yang beredar di jalan raya.

“Kalau ada banyak mobil dinas yang beredar di jalan, kan sudah pasti tambah macet. Penggunaan BBM juga bisa dikurangi, karena semua pakai mobil pribadi, atau kendaraan umum,” katanya.

Keputusan ini bertentangan dengan pernyataan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi yang memberikan izin kepada PNS menggunakan kendaraan dinasnya untuk dipakai mudik Lebaran.

“Bertentangan ya tidak apa-apa, tapi PNS Solo tetap tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik. PNS kan mampu untuk mudik tanpa mobil dinas, lagi pula tahun-tahun lalu untuk mudik kita juga tidak menggunakan mobil dinas. Biar bisa menjadi contoh untuk PNS daerah lain,” kata Rudy.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge