0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengamat: Cawawali KSB, Lebih Baik Dari Internal

dok.timlo.net/gg
Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Solo – Umar Hasyim dan M. Fajri dinilai berpeluang kuat mendampingi Calon Walikota (Cawali) Anung Indro Susanto untuk maju sebagai pasangan calon kepala daerah lewat Koalisi Solo Bersama (KSB). Calon wakil walikota (Cawawali) dari internal KSB dipandang bisa melengkapi Anung yang berasal dari eksternal parpol.

“Untuk Cawawali KSB, kalau saya, ya lebih baik dari internal (parpol). Kalau wakil dari internal ada ikatan psikologis dengan pemilih partai,” kata pengamat politik FISIP UNS, Supriyadi Sn, saat dihubungi Timlo.net, Sabtu (27/6).

Untuk diketahui, tiga kandidat Cawawali KSB yakni Umar Hasyim (Ketua DPD PAN Solo), M Fajri (mantan legislator PKS/kader PKS) dan M. Taufiq (pengacara). Umar dan Fajri merupakan kandidat yang berasal dari internal partai, sementara Taufiq kandidat eksternal partai.

Supriyadi melanjutkan, mengacu pada hasil perolehan suara pemilihan legsilatif (Pileg) 2014, Umar sebagai wakil PAN dinilai lebih pas berdampingan dengan Anung. Pasalnya, perolehan suara PAN lebih banyak dibanding PKS meskipun jumlah perolehan kursinya lebih sedikit.

“PAN lebih tinggi suaranya karena sebaran suaranya tidak merata,” ujar dia.

Meskipun demikian, baik Umar ataupun Fajri, keduanya sama-sama memiliki nilai jual. Penentuan diantara keduanya tergantung kesepakatan di KSB.

“Secara figur, Umar dan Fajri menjual siapa? Ini harus dibicarakan di KSB,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris KSB Supriyanto mengatakan, Sabtu (27/5) ini, tiga kandidat Cawawali KSB mengikuti fit and proper. KSB juga melakukan survei terhadap ketiganya. Akhir bulan ini, KSB menargetkan bisa menentukan Cawawali untuk Anung.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge