0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Puskesmas di Karanganyar Kekurangan Dokter

dok.timlo.net/nanang rahadian
Pustu di Jumapolo (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah Puskesmas yang ada di Karanganyar diketahui kekurangan tenaga medis terutama untuk dokter umum. Seperti yang dialami Puskesmas Jumapolo dan Karangpandan.

“Sebagai puskesmas rawat inap saat ini hanya mempunyai 2 dokter sedangkan idealnya 4 dokter,” kata Kepala Puskesmas Jumapolo Arief Setyoko kepada wartawan, kemarin.

Arief mengatakan, dengan membawahi 12 desa, Puskesmas Jumapolo merupakan pengobatan pertama di wilayahnya. Kondisi ini memaksa salah satu dokter gigi harus turun tangan mengerjakan tindakan medis.

“Aturannya dokter gigi nggak boleh pegang rawat inap. Tapi bagaimana lagi,” katanya.

Meskipun telah berulang kali mengajukan tambahan, lanjut Arief, hingga kini belum ada realisasi. Arief menambahkan puskesmas Jumapolo membawahi 4 puskesmas pembantu (Pustu), 11 poliklinik kesehatan desa (PKD), dan enam perawat. Sedangkan kapasitas Puskesmas Jumapolo 11 bed.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Cucuk Heru Kusumo membenarkan kurangnya tenaga dokter di sejumlah Puskesmas. Namun pihaknya sedang melakukan analisa jabatan dan beban kerja yang nantinya akan dihasilkan data untuk penataan kembali jumlah dokter di beberapa Puskesmas.

“Sudah kami inventarisasi, kami usahakan secepatnya untuk tambahan tenaga medis,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge