0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembebasan Lahan Tol Soker Ditarget Kelar Akhir Tahun

dok.timlo.net/agung widodo
Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto. (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Pemkab Sragen menargetkan seluruh lahan untuk jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Sragen bakal selesai dibebaskan akhir 2015 ini.

Sementara itu Ketua Panitia Pembebasan Tanah (P2T) Kabupaten yang semula dijabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen Tatag Prabawanto, telah beralih dan dijabat oleh Kepala Kantor Pertanahan Sragen.

“Meski Ketua P2T Kabupaten berubah, tetapi jadwal pembebasan tanah tetap hingga akhir tahun ini diharapkan sudah selesai. Saat ini kami terus berusaha melakukan pembebasan tanah,” kata Tatag Prabawanto, Jumat (26/6).

Karena sudah tidak menjabat, maka kewenangan terkait pembebasan tanah proyek Tol Soker ada di Kepala Kantor Pertanahan Sragen. Pihaknya sendiri hanya sebagai fasilitator.

Tatag menjelaskan, saat ini proses pembebasan tanah masih sekitar 93% dan sisa tanah yang belum bisa dibebaskan berupa fasilitas umum tanah kas desa dan sedikit tanah milik warga. Proses pembebasan fasum tanah kas desa itu membutuhkan persetujuan dari Gubernur Jawa Tengah.

“Untuk tanah warga saat ini juga masih ada yang dalam proses negosiasi ulang dengan tetap mengedepankan asas kepatutan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge