0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelompok Reog Singoguno Tawangmangu Pelestari Budaya

Reog Singoguno Tawangmangu

timlo.net/nanang

Reog Singoguno Tawangmangu

Karanganyar – Kesenian tradisional Reog memang sudah cukup melekat bagi masyarakat di Karanganyar. Berbagai kelompok kesenian tradisional dari Ponorogo ini tumbuh subur hingga kini.

Salah satu yang masih cukup langgeng hingga kini adalah Kelompok Reog Singoguno. Kelompok yang diasuh oleh Sesepuh Suparjo dan Pimpinan Sadin Rahmat Kartolo ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat di Dukuh Plalar Kelurahan Tengklik Kecamatan Tawangmangu.

“Kelompok ini telah berdiri lama, sudah lebih dari sepuluh tahunan yang lalu,” ungkap salah satu anggota kelompoknya, Lukman (39).

Lukman mengutarakan, seluruh seniman yang tergabung dalam Kelompok Reog Singoguno ini merupakan penduduk yang tinggal di utara Grojogan Sewu. Tepatnya di Dukuh Plalar Kelurahan Tengklik Kecamatan Tawangmangu.

“Seluruh senimannya memang penduduk asli kampung Plalar. Satu kelompok reog ini terdiri dari sekitar 45 seniman,” tuturnya.

Seniman lainnya, Sardiyanto (35) menambahkan, kesenian reog ini menjadi penanda atas perhatian dan kecintaan penduduk kampung Plalar akan seni tradisional. Saking cintanya, para penduduk setempat bisa dibilang sudah cukup mahir dalam memainkannya.

“Kalau sekarang ini kami latihannya setiap setengah bulan sekali. Tetapi karena sudah lama main, jadi sudah hapal,” tukasnya.

Seni Reog Singoguno terbilang kelompok yang sudah cukup tua di Karanganyar. Keberadaannya lebih dahulu sebelum terbentuknya kelompok seni reog dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karanganyar.

“Dulu sebelum ada Disbudpar, sekitar tahun 90-an kami sudah sering mewakili Karanganyar tampil di propinsi atau di taman mini,” urainya.

Keseriusan penduduk dari Kampung Plalar dalam menguri-nguri kesenian reog berbuah hasil positif. Sebab hingga kini, kesenian tradisional yang menonjolkan tarian harimau dan merak ini masih cukup digandrungi berbagai kalangan masyarakat.

“Anak-anak muda di Karanganyar juga selalu senang melihat pentas Reog. Anggota kami juga banyak yang masih muda-muda,” imbuhnya

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge