0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diet Jus Justru Bisa Rusak Gigi

jus
Berbagai jenis jus. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Diet jus menjadi trend kesehatan terbaru saat ini. Para selebriti mulai dari Carol Vordeman, Katie Price dan Ed Sheeran memilih diet ini. Mereka hanya minum jus hingga dua minggu saat mereka menjalani diet ini.

Sementara itu, pasar juicer dan mesin pembuat smoothie meledak, dengan banyak orang yang bangga karena memiliki produk-produk ini di dapur mereka. Memang mengkonsumsi jus bisa menolong kita menurunkan berat badan. Tapi dokter gigi Dr. Uchenna Okoye dari kelompok dokter gigi London Smiling, memperingatkan sejumlah orang yang mengikuti diet ini mengalami masalah gigi yang serius.

Pendukung diet ini menyatakan diet jus tidak hanya menolong orang menguruskan badan, tapi juga membuang racun-racun di dalam tubuh dan bahkan menolong mengatasi masalah kulit seperti eczema.

Diet ini juga menjadi cara yang baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran, mengurangi defisiensi vitamin dan meningkatkan asupan serat. Dengan asupan serat bertambah, kondisi perut dan pencernaan juga akan membaik.

Akan tetapi Dr. Okoye memperingatkan diet jus bisa mengikis email gigi, membuat gigi lebih pendek dan terkelupas yang membuat orang terlihat lebih tua. Dr. Okoye, yang juga merupakan kepala smile for Oral B berkata kepada MailOnline: “Orang lebih peduli dengan penampilan, ingin terlihat cantik dan muda. Sebelumnya orang minum minuman energi dan soda. Sekarang bagi mereka yang berusia 40-an, diet jus populer karena mereka ingin terlihat lebih muda.”

Banyak orang tidak sadar jika minum jus pada dasarnya mengolesi gigi dengan gula, kata Dr. Okoye. “Jus melarutkan gigi,” katanya. “Yang akan terjadi adalah jus buah akan mengikis email. Sayuran tidak begitu buruk tapi jus buah bergula dan asam. Anda akan melihat email gigi melembut dan memudar dari dalam, menjadi lebih tipis dan gigi lebih pendek,” tambahnya.

Gabungan antara gula dan stres karena sedang berdiet bisa membuat orang merasa terganggu dan kondisi ini rawan bagi kesehatan gigi.

Bagi mereka yang berencana menjalani diet jus, dia merekomendasikan menggunakan sayuran dibandingkan buah. “Asam dan gula dalam buah lebih mengkuatirkan. Jika saya menjalani diet jus, saya akan memilih jus sayuran hijau yang mengandung alkalin dan bermanfaat bagi gigi karena tidak asam. Gunakan sedotan besar untuk minum supaya tidak bersentuhan dengan gigi,” terangnya.

Jangan berkumur dengan jus buah, langsung telan begitu diminum sehingga bisa meminimalkan kerusakan.

“Diperlukan waktu 45 menit untuk sesuatu yang manis atau asam menghilang dari mulut. Minum jus sekalipun daripada minum pelan-pelan selama 3 jam. Dan edukasi diri sendiri sehingga Anda bisa melindungi diri dari resiko kerusakan gigi,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge