0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo, PDIP Akhirnya Usung Rudy – Purnomo

dok.timlo.net/daryono
Putut Gunawan (dok.timlo.net/daryono)

Solo — PDIP Solo tidak terpengaruh dengan turunnya rekomendasi kepada Achmad Purnomo sebagai calon wakil walikota (Cawawali) mendampingi calon walikota FX Hadi Rudyatmo (Rudy). Pasalnya, PDIP mengklaim mesin partai sudah siap untuk memenangkan siapapun pasangan kepala daerah yang direkomendasi DPP PDIP.

Informasi rekomendasi Cawawali jatuh ke Achmad Purnomo disampaikan Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng. Menurut Agustin, keputusan mengusung Rudy – Purnomo merupakan hasil rapat DPP yang dipimpin langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Surat rekomendasi dipastikan segera turun.

Menanggapi informasi itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Solo, Putut Gunawan mengaku tidak mempersoalkan jika rekomendasi Cawawali jatuh ke Purnomo.

“Kita tidak terpengaruh, siapapun yang direkomendasikan. Kita sudah menyiapkan mesin pemenangan, siapapun pasangannya. Persiapan pemenangan juga tetap jalan,” kata Putut kepada wartawan, Jumat (26/6).

Sikap resmi DPC, lanjut Putut, akan diambil setelah surat rekomendasi dari DPP resmi diterima. Tidak menutup kemungkinan deklarasi pasangan Rudy – Purnomo dilakukan di detik akhir pendaftaran pasangan calon ke KPU.

Penunjukan Purnomo sebagai Cawawali bisa dibilang mengejutkan. Pasalnya, dalam penjaringan PDIP, Purnomo mendaftar sebagai calon walikota. Menanggapi hal itu, Putut menegaskan penunjukan Purnomo merupakan hak prerogratif DPP.

“Sejak awal sudah kami sampaikan. Itu kewenangan DPP, termasuk memilih orang baru di luar empat nama. Itu hak prerogratif Ketua Umum dan DPP. Yang jelas, Pak Pur kan menjalani tahapan seleksi. Tetapi sebatas yang bersangkutan juga mau dicalonkan sebagai Cawawali,” terangnya.

Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa mengatakan sepanjang belum ada surat rekomendasi resmi, informasi rekomendasi kepada Rudy-Purnomo masih dianggapnya sebagai rumor.

“Sepanjang belum ada hitam di atas putih ya kami anggap masih rumor. Jadi, tidak pengaruh, pasangan Rudy dengan siapa. DPC sudah menggerakkan mesin partai,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge