0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinsosnakertrans Siapkan Posko Pengaduan THR

Kantor Dinsosnakertrans Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)
Karanganyar – Mengantisipasi berbagai kecurangan saat pembagian tunjangan hari raya (THR) Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar menyiapkan posko pengaduan kecurangan THR di kantor instansi tersebut.
“Posko ini menerima pengaduan keterlambatan pembayaran THR, atau tidak dibayarkannya,” kata Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Karanganyar, Sri Wibowo kepada wartawan, kemarin.
Sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 4 Tahun 1994, lanjut Sri Wibowo, THR dibayarkan maksimal tujuh hari sebelum Lebaran.  Sebanyak 574 perusahaan di Karanganyar, diimbau menaati aturan tersebut.
“Kami juga akan terjunkan petugas untuk mengawasi pembayaran THR ke perusahaan,” kata Sri Wibowo.
Dikatakan, pada dua tahun terakhir tidak ada pengaduan yang masuk ke Dinsosnakertrans, terkait molornya pembayaran THR, tidak dibayar penuh, ataupun perusahaan mengingkari pembayaran.

“Tahun lalu dan sebelumnya, tidak ada perusahaan yang nunggak bayar THR,” tuturnya.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya perusahaan di Karanganyar cukup tertib untuk urusan pembayaran THR. Pasalnya, banyak pihak yang mengawal seperti dari dinas, pengawas perusahaan, sampai serikat pekerja.

“Mau tidak mau, perusahaan harus membayar, karena itu hak karyawan,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge