0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pedagang Pasar Klewer Diijinkan Buka Lapak Hingga Malam

timlo.net/heru
Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (timlo.net/heru)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendorong normalisasi kehidupan perekonomian Pasar Sementara Klewer dengan berbagai fasilitas dan kebijakan. Salah satunya adalah dengan mengijinkan pedagang pasar Klewer untuk membuka lapak dagangannya hingga malam hari.

“Kalau memang pedagang mau ya silakan, kami malah senang, artinya dengan begitu perekonomian mereka (pedagang – Red) juga segera pulih. Selain itu menambah lapangan pekerjaan baru, parkir dan jualan makanan,” ungkap Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Rabu (24/6).

Pria yang akrab disapa Rudy ini mengungkapkan, dirinya mendorong pedagang untuk bisa memperbaiki kehidupan ekonomi mereka yang mandek akibat kebakaran pasar Klewer akhir tahun lalu.

Dirinya juga telah memikirkan sejumlah teknis pengamanan jika memang pedagang menghendaki berjualan hingga malam hari. Selain Dinas Pengelola Pasar (DPP), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Rudy juga akan meminta pihak Polresta Solo dan TNI untuk turut menjaga keamanan pasar.

“Biasanya cuma sampai jam 5 sore, sekarang saya ijinkan untuk sampai jam 10 malam. Silakan. Nantinya pedagang juga tidak usah turut mengamankan dengan ronda, karena nanti kita minta petugas kita dan Polresta serta TNI untuk turut mengamankan,” katanya.

Bahkan Rudy telah merancang shif jaga keamanan jika pedagang serius untuk berjualan hingga malam. Untuk shifnya itu ada tiga, yaitu shif pagi itu dari Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 15.00 WIB, shif sore Pukul 15.00 WIB sampai Pukul 23.00 WIB dan shif malam dari Pukul 23.00 WIB sampai Pukul 07.00 WIB.

“Nanti bisa dilihat juga perputaran ekonominya seperti apa. Bisa dievaluasi, kalau memang dibuka sampai malam cukup menguntungkan ya bisa dilanjutkan. Toh pasar sementara ini cukup lama waktunya, sampai pasar Klewer selesai dibangun,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge