0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah Lanjutan di Wonogiri Minim Pendaftar

dok.timlo.net/tarmuji
Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Sejumlah sekolah di Wonogiri masih minim peminat maupun pendaftar pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Tidak hanya sekolah pinggiran, namun sekolah favorit dan berlokasi di wilayah perkotaan, juga kurang diminati.

“Di SMP Negeri 1, dari 300 kuota siswa, baru terjaring sekitar 200-an saja. Sedangkan di SMP Negeri 3 masih bertahan di angka 148, padahal kuotanya mencapai 256 siswa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, Rabu (24/6).

Disebutkan, untuk sekolah pinggiran yang minim peminat, diantaranya SMPN 2 Jatipurno dengan kuota 160 baru tercapai 76 siswa. SMPN 1 Pracimantoro baru tercapai 5 anak padahal kuotanya 224 siswa. Selanjutnya SMPN 2 Slogohimo dengan raihan 25 anak dari kuota 160 siswa. SMP Muhammadiyah 7 Eromoko hanya mendapatkan 57 siswa dari kuota 120 siswa baru.

“Untuk jenjang SMA, di SMA 1 Manyaran dari kuota 128 anak baru terpenuhi 50 siswa. SMA N 3 Wonogiri dengan kuota 344 siswa terpenuhi 175,” jelasnya.

Siswanto menambahkan, salah satu penyebab minimnya minat siswa, lantaran kabupaten/kota lainnya seperti Solo, membuka pendaftaran terlebih dulu. Sehingga banyak anak yang memilih mendaftarkan diri ke kabupaten tersebut. Akibatnya, di Wonogiri terjadi kekosongan murid.

“Bagi sekolah yang masih kekurangan siswa kami beri kesempatan untuk melakukan penjaringan lagi hingga menjelang tahun ajaran baru,” terang Kadisdik.

Dia menyebutkan, posisi geografis sangat mempengaruhi minimnya peminat sekolah itu. Seperti SMPN 3 berada di tengah kota, namun tidak dilalui jalur angkutan umum. Pihaknya mengimbau agar pihak SMPN 3 menyiasati agar calon siswa didik lebih tertarik.

“Jika perlu kerjasama dengan Dishubkominfo, agar akses menuju sekolah mudah terjangkau. Dan lebih bagus lagi, jika pihak sekolah menyediakan transportasi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge