0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ari Handono : Sel Surya Dye-Sensitized Adalah Generasi Baru

Prof Ir Ari Handono Ramelan MSc

timlo.ent/eko prasetyo

Prof Ir Ari Handono Ramelan MSc

Solo – Untuk mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi listrik dapat digunakan sel surya, yang secara konvensional terbuat dari bahan silikon semikonduktor. Melihat kemajuan yang dicapai dalam dekade terakhir, teknologi sel surya berbahan silikon dapat dikatakan telah mencapai titik puncaknya.

Dekan Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Ir Ari Handono Ramelan MSc (Hons), PhD menyatakan, sel surya dye-sensitized (DSSC) merupakan sel surya generasi baru yang bekerja berdasarkan proses proses fotoelektrokimia. Dimana absorpsi cahaya dilakukan oleh molekul pewarna dan proses separasi muatan oleh bahan semikonduktor.

“Sel ini dibentuk dari dua buah substrat berupa transparent-conducting-oxide (TCO) yang disusun secara sandwich,” jelas Ari kepada Timlo.net ketika berbicara Fabrikasi Sel Surya Dya-Sensitized Dengan Counter Electrode Berbasis Carbon Nanotube, di kampus UNS, Solo.

Selama ini, kata Ari, banyak penelitian telah dilakukan terhadap lapisan TiO2 Dye dan elektrolit dalam rangka meningkatkan efisiensi DSSC. Sementara penelitian tentang material baru sebagai counter electrode masih jarang dilakukan. Efisiensi DSSC yang tinggi selama ini memang diperoleh menggunakan platina sebagai counter electrode. Namun counter electrode berbahan platina memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya harga yang mahal dan proses coating yang sulit.

Ari melanjutkan, carbon nanotube (CNT) merupakan salah satu alternatif pengganti platina sebagai counter electode dalam DSSC. CNT dipilih karena beberapa sifat unik yang dimiliki diantaranya topologi tiga dimensi CNT network mampu menampung muatan dari area permukaan yang luas, nilai resistansi listrik yang rendah, fleksibilitas yang tinggi dan tidak rapuh. Oleh karena itu, dalam penelitian dibuat DSSC dengan CNT sebagai bahan counter electrode.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge