0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puasa, Omset Pedagang Janggelan Naik 500 Persen

Pedagang janggelan dan agar-agar Pasar Ir Soekarno

timlo.net/putra

Pedagang janggelan dan agar-agar Pasar Ir Soekarno

Sukoharjo — Selama puasa, omset pedagang janggelan dan bahan minuman untuk berbuka di Pasar Ir Soekarno naik hingga 500 persen. Namun demikian, kenaikan ini tidak sebanding dengan jumlah omset tahun-tahun sebelumnya.

“Sejak awal bulan puasa sudah naik, rata-rata untuk semua jenis bahan minuman sekitar lima kali lipat dari hari biasa, tapi kalau tahun-tahun sebelumnya bisa puluhan kali lipat,” kata pedagang bahan minuman, Sarono, Rabu (24/6).

Permintaan bahan minuman yang paling laris adalah janggelan. Jika di hari biasa setiap harinya terjual dua kaleng saja, pada bulan puasa mencapai 10 kaleng. Meskipun kenaikan permintaan cukup signifikan, namun untuk harga bahan dasar minuman dawet ini hanya naik Rp 2 ribu per kaleng.

Selain janggelan, bahan-bahan minuman lainnya seperti, kolang-kaling, agar-agar, dan tetes untuk membuat minuman tradisonal juga laris manis di pasaran. Rata-ata kenaikan hampir sama dengan janggelan. Harganya juga tidak terlalu mahal, antara Rp 5 ribu hingga Rp 30 ribu per kilo gramnya.

“Permintaan untuk bahan minuman ini rata-rata meningkat, meskipun kondisi pasar sepi, sangat jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kami berharap pasar bisa se ramai waktu sebelum dibangun,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge