0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Sebab Calon Peserta Pemilu Minim

Ketua KPU Sukoharjo

timlo.net/putra

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto

Sukoharjo — Pengamat politik menilai pendidikan demokrasi oleh partai politik tidak dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan sangat minimnya calon ataupun tokoh yang muncul dalam pilkada 2015 kali ini.

“Saya menilai, partai politik masih terlalu mengedepankan sistem berpolitik untung rugi. Sehingga ketika melihat situasi tidak begitu menguntungkan, mereka cenderung apatis dan enggan memunculkan calon,” kata Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, Rabu (24/6).

Dikatakannya, di dalam berdemokrasi mestinya juga harus meperhatikan target jangka panjang, bukan hanya target jangka pendek. Seperti dengan memunculkan tokoh ataupun calon sejak dini agar lebih dikenal masyarakat sebagai investasi pemimpin di masa depan.

Namun faktanya, partai politik di Sukoharjo cenderung melihat peluang maupun potensi saat ini. Seperti, masih ragunya para partai politik yang kalah jumlah suara untuk mencalonkan kadernya sebagai bupati Sukoharjo.

Dengan sikap seperti ini, justru lebih menguntungkan partai besar yang juga mempunyai calon incumbent. Selain lebih dahulu mempunyai kesempatan untuk membranding calonnya, kalaupun nanti ada calon muncul di akhir waktu, sangat sulit untuk memperkenalkan diri kepada publik.

“Selain itu semua, masyarakat juga sangat mungkin untuk bersikap apatis terhadap sistem demokrasi. Dengan tidak menggunakan hak pilihnya, sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu tidak maksimal,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge