0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Buah Impor Melambung Saat Puasa

ilustrasi buah (Dok. Timlo.net)

Sukoharjo — Memasuki bulan puasa, harga buah-buahan segar menghalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan untuk sejumlah buah impor kenaikan mencapai dua kali lipat dari harga hari-hari biasa.

“Jenis buah impor seperti buah naga cukup banyak dicari masyarakat, selain itu juga untuk buah lokal seperti alpukat juga sekarang menjadi sangat mahal,” kata salah satu penjaga stand buah Jalan Jendral Sudirman Sukoharjo kota, Wawan, Rabu (24/6).

Untuk buah naga import kualitas baik, harga saat ini mencapai Rp 40 ribu, naik dari sebelum puasa Rp 11 ribu. Sedangkan buah alpukat dari harga sebelumnya Rp 20 ribu per kilo, kini menjadi Rp 28 ribu. Sedangkan untuk buah kiwi, dari harga Rp 50 ribu naik dalam empat hari terakhir menjadi Rp 60 ribu.

Kenaikan harga ini sebagian besar dikarenakan buah sedang tidak pada musimnya, sehingga sangat jarang, padahal permintaan terus naik. Selain itu, buah impor juga sangat diminati warga, akibatnya stok semakin menipis dan harga secara otomatis naik dengan sendirinya.

“Kalau buah alpukat sudah habis memang karena bukan musimnya, sehingga persediaan juga terbatas. Kita nyarinya juga susah, wajar kalau naik,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge