0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekplorasi Daun Sirsat Sebagai Food Supplement Antikanker

Prof. Okid Obat Anti Kanke

timlo.net/eko prasetyo

Prof. Okid Obat Anti Kanke

Solo – Dosen FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS), Okid Parama Astirin, bersama Dosen Fakultas Kedokteran UNS, Adi Prayitno, dan Dosen Farmasi FMIPA UNS, Anif Nur Artanti, telah meneliti aktivitas bioaktif daun sirsat dalam pengembangan anti kanker Nasopharynx dan Serviks.

”Penelitian telah dilakukan tahun 2012 hingga 2015. Secara in vitro melalui pemberian ekstrak, fraksi hingga isolat daun sirsak menunjukkan hasil yang efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker. Khususnya kanker servik dan nasopharing,” jelas Okid Parama Astirin seusai memperlihatkan hal penelitiannya, di Kampus UNS, Solo.

Pemanfaatan hasil penelitian yang mencakup pembuktian ilmiah khasiat antikanker isolat daun sirsat secara seluler, immunositokimia, dan secara molekulermakan menjadi basic knowledge untuk dilakukan pembuatan bioproduk daun sirsak.

Menurut Okid, pembuatan bioproduk daun sirsat dilakukan mengingat sampai saat ini penggunaan daun sirsak di masyarakat hanya terbatas dalam bentuk rebusan. Karena gaya hidup masyarakat yang mempunyai mobilitas tinggi membuat mereka enggan untuk mengkonsumsinya karena dianggap tidak praktis serta bau rasanya kurang enak.

Oleh karena itu, kata Okid, perlu dilakukan suatu inovasi dalam pemanfaatan daun sirsak dalam bentuk bioproduk sebagai agen terapi kanker.

“Salah satu bentuk sediaan yang banyak diminati masyarakat adalah teh,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge