0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kodim Solo dan BPBD Latihan Bersama Atasi Bencana

dok.timlo.net/achmad khalik
Anggota TNI membaca peta lokasi penyebaran bencana alam yang tengah terjadi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Guna menanggulangi dampak terjadinya bercana alam di Kota Solo, Kodim 0735/ Solo bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar latihan bersama “Posko Bencana” di halaman Kodim setempat, Rabu (24/6) siang. Dalam kegiatan tersebut, mereka berkoordinasi secara teknik untuk melakukan bantuan dititik-titik yang terkena dampak bencana alam.

“Latihan ini rutin dilakukan tiap tahun, antara TNI dan pihak BPBD. Tujuannya, untuk mengantisipasi jatuhnya korban bencana alam yang terjadi,” terang Dandim 0735/ Solo, Letkol INF Chrisbianto.

Kegiatan yang melibatkan perwira hingga staf TNI tersebut, kata Dandim, supaya anggota TNI tidak gagap dan selalu siap ketika terjadi bencana yang tidak diinginkan. Alhasil, jika dalam latihan ini berjalan sukses maka tak menutup kemungkinan saat menghadapi bencana yang sesungguhnya mereka akan terlatih.

“Anggota TNI harus selalu siap siaga dalam keadaan apapun. Maka dari itu, melalui simulasi ini diharapkan anggota TNI cepat tanggap saat dihadapkan dengan situasi yang sesungguhnya,” terang Dandim.

Dalam simulasi tersebut, TNI membentuk lima kepala operasi, diantaranya Pasi Pers, Pasi Teritori (kewilayahan), Pasi Operasi, Pasi Intelejen dan  Pasi Logistik. Tugas dari masing-masing bagian tersebut nantinya akan dijadikan referensi untuk melakukan tindakan efektif yang akan diambil.

“Dari semua pos, nantinya akan menyerahkan hasil data lapangan dan digunakan mengambil langkah efektif,” kata Dandim.

Rencananya, simulasi Posko Bencana ini akan dilaksanakan selama tiga hari ke epan. Terhitung sejak, Rabu (23/6) hingga Jumat (25/6).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge