0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

30 Juni 2015 Akan Lebih Panjang Dari 24 Jam

Waktu

Dok: Timlo.net/ABC.net.au

Ilustrasi jam.

Timlo.netInternational Earth Rotation and Reference Systems Service yang bermarkas di Perancis berkata bahwa 30 Juni 2015 akan berlangsung lebih dari 24 jam. Ada tambahan waktu satu detik di hari itu yang menyebabkan perbedaan waktu dibandingkan akhir Juni sebelumnya.

“Bumi berputar sedikit lebih lambat,” kata Nick Stamatakos, kepala Earth Orientation Parameters di US Naval Observatory, Amerika Serikat (AS).

“Jam atomik tetap menghitung waktu dengan sangat akurat. Penghitungan yang dilakukan jam ini memberitahukan kita ‘Oh, bumi melambat,” katanya.

Tambahan waktu sedetik kali pertama dilakukan pada 1972 dan penambahan yang akan dilakukan pada 30 Juni mendatang adalah penambahan yang ke-26 kali pada jam dalam sejarah. Hal ini berarti rotasi Bumi pada akhir bulan ini telah melambat 26 detik dibandingkan waktu yang diukur oleh jam atomik.

“Mereka menambahkan tambahan sedetik pada UTC (Coordinated Universal Time) untuk membuat tingkat UTC sama dengan waktu atomik,” terangnya.

“Pada hari itu (30 Juni) akan ada 86.401 detik, dan bukan 86.400 detik. Panjang hari itu untuk Anda dan saya dan siapapun di Bumi akan lebih panjang sedetik,” terang Mr. Stamatakos.

Penambahan waktu sedetik lebih jarang sekarang ini dibandingkan pada zaman dulu. Dari 1972 hingga 1979, tambahan satu detik dilakukan setiap tahun. Tambahan waktu sedetik dilakukan sebanyak 6 kali selama era 1980-an. Selain itu sejak 1999 ada empat kali penambahan waktu sedetik.

Sumber: ABC.net.au

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge