0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Tambah 30 Negara Bebas Visa ke Indonesia

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Sebanyak 45 negara telah diberikan bebas visa ke Indonesia. Pemerintah rencananya membebaskan visa bagi 30 lagi di tahun ini. Total, penerima bebas visa akan menjadi 75 negara.

“Tahun 2016, kami akan menambah 30 negara baru yang bisa masuk ke Indonesia bebas visa,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Rabu (24/6).

Dia menegaskan bahwa fasilitas bebas visa menjadi satu poin penting pemerintah untuk mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air.

Kebijakan itu telah dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 yang ditetapkan sejak 9 Juni 2015.

“Melalui Perpres itu Indonesia sudah membuat kebijakan bebas visa bagi 45 negara untuk datang ke Indonesia,” katanya.

Ke depan, Menteri berharap kebijakan fasilitas bebas visa dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Ia menegaskan bahwa program tersebut akan didukung dengan kemudahan aksesibilitas bagi kunjungan wisman ke destinasi Indonesia.

“Kami mengundang lebih banyak negara di dunia untuk mensupport dan memfasilitasi kemudahan visa tersebut, agar memberi dampak yang positif untuk pertumbuhan ekonomi global,” kata Arief Yahya.

Dalam lampiran Perpres Perpres No. 69 Tahun 2015, dicantumkan nama-nama 30 negara yang dinyatakan bebas visa kunjungan untuk tempat pemeriksaan imigrasi tertentu, yaitu China, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Meksiko, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Italia, Spanyol, Swiss, Belgia, Swedia, Austria, Denmark, Norwegia, Finlandia, Polandia, Hungaria, Ceko, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Oman, dan Afrika Selatan.

Sementara tempat pemeriksaan imigrasi tertentu yang bebas memberikan visa kunjungan kepada orang asing dari negara tersebut adalah Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Kuala Namu (Medan), Juanda ( Surabaya), Hang Nadim (Batam), Pelabuhan Laut Sri Bintan, Pelabuhan Laut Sekupang, Pelabuhan Laut Batam Center, dan Pelabuhan Laut Tanjung Uban (Riau).

Adapun negara tertentu dan pemerintahan administrasi tertentu yang dinyatakan bebas visa kunjungan ke Indonesia ada 13 (tiga belas), yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Chili, Maroko, Peru, Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Pemerintahan administratif khusus dari negara tertentu yang bebas visa kunjungan ke Indonesia sebagai tertuang dalam lampiran Perpres itu ada 2 (dua), yaitu Hongkong dan Makao.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge