0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Beras Dijamin Aman Hingga Lebaran

timlo.net/nanang rahadian
Stok beras di gudang Bulog (timlo.net/nanang rahadian)

Solo —  Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jawa Tengah menjamin ketersediaan beras di gudang Bulog Jawa Tengah aman selama Ramadan dan menjelang datangnya Lebaran. Bahkan persediaan beras di gudang Bulog mencapai sekitar 1,9 juta ton, jumlah ini melebihi Minimum Stock Requirement (MSR) Jateng 172 ribu ton.

“UntukLebaran nanti masyarakat tidak perlu khawatir, karena jumlah stok kita lebih dari cukup, bahkan hingga lima bulan kedepan,” ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Jateng, Witono, Rabu (24/6).

Witono juga menjamin distribusi beras tidak akan menumpuk di satu wilayah saja, melainkan akan disebar merata ke seluruh Jateng. Dikatakan, beras tidak akan disimpan terlalu lama didalam gudang, dan akan segera
didistribusikan. Lantaran beras yang terlalu lama disimpan akan rusak dan menjadi apek sehingga tidak enak di konsumsi.

“Pendistribusian akan melibatkan BKP di seluruh wilayah Jawa Tengah. Jadi tidak akan ada daerah yang kekurangan maupun kelebihan, kami sudah meminta untuk segera didistribusikan sehingga kualitas beras tidak menurun karena disimpan terlalu lama,” katanya.

Witono mengakui ada kenaikan harga beras dalam beberapa waktu menjelang bulan Ramadan, namun kenaikan itu dirasa masih cukup wajar, yakni sekitar 5 hingga 10 persen. Dia mengatakan dalam tahun 2015, Provinsi
Jateng mengalami surplus beras sebesar 11,6 juta ton.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge