0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Lereng Merapi Bersiap Hadapi Kemarau

Klaten – Memasuki musim kemarau tahun ini, warga lereng Merapi sudah bersiap mencari persediaan air bersih. Mereka berusaha mencari sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti yang dilakukan warga Desa Balerante dan Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

“Kami terus mencari sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh warga. Selain itu secara swadaya, perbaikan saluran pipa dari sumber air Bebeng ke bak penampungan utama menuju pemukiman warga terus dilakukan,” kata Kepala Dusun (Kadus) I Balerante, Jainu, Selasa (23/6).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa (Kades) Sidorejo, Jemakir. Guna memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti masak, MCK, dan pakan ternak, tak sedikit warganya sudah mulai membeli air melalui tangki-tangki yang melintas. Selain itu, pihaknya akan segera memperbaiki empat bak penampungan air di wilayah Deles untuk menghadapi musim kemarau.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Klaten, Sri Winoto mengatakan, warga sudah berupaya memanfaatkan sumber-sumber alami yang ada di sekitar lereng Merapi. Pasalnya, sumber air dari Bebeng bisa dinikmati oleh warga Desa Balerante dan Sidorejo. Sedangkan sumber air dari Goa Lawa juga sudah bisa dirasakan oleh warga Desa Tegalmulyo.

“Air dari dua sumber tersebut sudah bisa dialirkan ke bak penampungan utama. Harapan kami, pada tahun ini, air dari dua sumber tersebut bisa mengatasi kekeringan yang selalu terjadi di desa-desa tersebut,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge