0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sapi Potong Jatuh, Harga Daging Meroket

Daging sapi (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Dari hasil pantauan di sejumlah pasar tradisional di Wonogiri harga daging sapi naik. Sebelum puasa, daging sapi Rp 80 Ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 100 Ribu per kilogram. Namun harga jual sapi siap potong dipasaran menurun, dari harga Rp 18 Juta kini turun menjadi Rp 10 Juta.

“Kenaikan harga daging itu hampir mereta terjadi diseluruh pasar tradisional di Wonogiri,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Wonogiri, Guruh Santoso, saat ditemui kantornya, Selasa (23/6).

Guruh mengaku heran, harga daging mahal tetapi harga hewan sapi potong justru turun. Dari hasil penelusuran turunnya harga sapi potong disebabkan karena banyak warga yang ingin menjual sapi untuk modal sekolah.

“Disisi lain, bersamaan dengan musim kemarau, dampaknya kesulitan soal pakan dan air bersih,” katanya.

Dia menjelaskan, tidak hanya harga daging saja yang naik tetapi juga harga kebutuhan pokok seperti cabai, gula, telur, dan lainnya. Namun demikian Guruh tak berani mengambil langkah yakni operasi pasar (OP) untuk menstabilkan harga, mengingat memakan anggaran yang cukup besar.

Untuk operasi beras, dia mengklaim, mampu melakukan. Namun mengingat cadangan beras di gudang Bulusulur, Wonogiri masih mencukupi, pihaknya tidak akan mengadakan OP.

“Harga beras dipasaran masih stabil,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge