0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Serentak, Ini Pantauan Intelijen

dok.merdeka.com

Marciano Norman

Timlo.net – Pilkada serentak baru dilaksanakan pertama kali di Indonesia. Aparat keamanan menyatakan siap jika nantinya ada potensi kekacauan.

“Pilkada serentak ini adalah pengalaman pertama bangsa Indonesia. Tetapi semua sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi itu dengan berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul,” kata Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman, Selasa (23/6).

Marciano menegaskan, pihaknya menjamin keamanan pelaksanaan Pilkada serentak bila tiba pada waktunya.

“Kita mengharapkan Pilkada serentak ini apabila tiba waktunya dilaksanakan, kesiapan dari semua pihak betul-betul sudah terjamin. Karena kita tidak boleh pelaksanaan Pilkada serentak ini justru menjadi bumerang, dalam arti tidak berjalan sebagaimana mestinya,” jelas Marciano.

Jika terdapat gangguan keamanan, kata Marciano, maka akan memberikan citra yang buruk dalam proses demokrasi di Indonesia. Sebab, Pilkada serentak merupakan pengalaman pertama dalam pesta demokrasi di Indonesia.

“Demokrasi di Indonesia sekarang ini justru menghadapi tantangan besar dengan kita melaksanakan Pilkada serentak ini. Biasanya kita satu per satu, satu daerah, satu daerah, sehingga sepanjang tahun itu tidak pernah berhenti kampanye Pilkada. Tapi dengan Pilkada serentak ini dengan berbagai pertimbangan dalam satu masa semua selesai, semua berjalan,” terangnya.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge