0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim PPDB, Omzet Pegadaian Meningkat

2015620105409-1
Pegadaian Karanganyar ()

Karanganyar — Musim penerimaan peserta didik baru (PPDB) membuat sejumlah orang membutuhkan dana lebih untuk mendaftarkan anaknya. Bahkan tak sedikit yang memanfaatkan jasa pegadaian untuk memperoleh dana dengan menggadaikan barangnya.

Seperti dilakukan, Fitri (35), warga Karanganyar Kota. Dia terpaksa menggadaikan kalung dan gelangnya Rp 4 juta untuk memenuhi kebutuhan anak sekolahnya.

“Saya gadaikan dulu, nanti sehabis Lebaran akan saya tebus lagi,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Pegadaian Karanganyar, Edy Triswanto, saat ditemui sejumlah wartawan menuturkan, ada peningkatan jumlah orang yang menggadaikan pada bulan Juni ini. Dirinya memprediksi hal itu dikarenakan adanya tahun ajaran baru dan musim pendaftaran sekolah (PPDB).

Menurut Edy, seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, saat musim pendaftaran maupun awal  lebaran bisa dipastikan akan ada kenaikan orang yang menggadaikan barang.

“Ya, banyak yang menggadaikan Mas, dan rata-rata mereka untuk keperluan biaya pendidikan anak,” kata Edy.

Namun, lebih lanjut Edy mengungkapkan, tren itu akan berubah saat pertengahan Ramadan hingga menjelang Lebaran. Nasabah akan berdesakan menebus barang yang digadaikan. Terbukti dengan adanya transaksi yang ada di pegadaian pada Selasa (23/6), tercatat untuk gadai tembus Rp 80 juta, sedangkan pelunasannya hanya Rp 10 juta.

“Untuk prosentase perhiasan itu mencapai 90 persen, kalau barang-barang lainnya seperti sepeda motor, kulkas atau mobil itu jarang,” kata Edy.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge