0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tambang Ilegal Gunung Tugel Didesak Agar Ditutup

Kapolres Sragen AKBP Ari Wibowo

timlo.net/agung widodo

Kapolres Sragen AKBP Ari Wibowo

Sragen — Kapolres Sragen AKBP Ari Wibowo akan melakukan cek lapangan untuk menyikapi polemik aktivitas penambangan galian C di Bukit Gunung Tugel, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Kalau memang ditemukan keberadaan tambang itu ilegal dan menggangu lingkungan, pihaknya siap membuat rekomendasi penutupan.

“Karena kewenangan menutup bukan ada di kita. Makanya nanti kita cek lokasi dulu dan akan berkoordinasi dengan Pemkab. Apalagi kewenangan memberi ijin ada di propinsi. Kita bisanya memberi rekomendasi,” kata Kapolres, Senin (22/6).

Sementara, sejumlah warga Jambeyan mengancam akan mengadu ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait ketidaktegasan aparat yang terkesan melakukan pembiaran terhadap penambangan ilegal Bukit Gunung Tugel.

Salah satu tokoh Desa Jambeyan, Sunarto mengatakan, langkah mengadu Kompolnas dan KPK diharapkan bisa menjadi perhatian pihak terkait. Selain itu juga untuk tujuan demi kelestarian lingkungan. Mengingat tambang liar itu telah merusak ekosistem, hutan dan bukit Gunung Tugel.

“Kita kemungkinan akan menghadap ke Kompolnas dan KPK sekaligus membawa surat desakan agar tambang di Gunung Tugel itu ditutup,” ujar Sunarto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge