0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kera Gunung Merbabu Rusak Ladang Petani

220615 Petani sayuran di Lereng Gunung Merbabu pilah-pilah sayuran yang bisa dijual setelah ladangnya diserang kera
Petani sayuran di Lereng Gunung Merbabu pilah-pilah sayuran yang bisa dijual setelah ladangnya diserang kera ()

Boyolali — Petani di Lereng Gunung Merbabu kembali diresahkan dengan serangan hama kera liar. Kawanan kera ini mulai menyerang ladang sejak dua minggu ini. Tidak hanya memakan, kera juga merusak tanaman warga seperti wortel dan kubis.

“Banyak yang dirusak, dicabuti, ditanam lagi sudah tidak bisa,” ungkap Suwardi (50), petani Dusun Selo Duwur, Selo, Boyolali, Senin (22/6).

Kawanan kera yang datang bergerombol dan berjumlah 50-an ini telah merusak hampir seluruh lahan pertanian warga di kawasan Gunung Merbabu. Tanaman yang dirusak, bila dijual harganya turun drastis bahkan tidak laku dijual.

Petani lain, Joko (50), mengaku berbagai upaya sudah dilakukan agar kera tidak merusak tanaman mereka. Seperti misalnya, dengan memasang jaring disepanjang ladang. Upaya ini sempat berhasil, namun kemudian kawanan kera ini bisa masuk ke ladang dengan cara merusak jaring.

“Jaringnya dirusak, ya terpaksa tanaman habis dimakan,” cerita Joko.

Yang membuat gemas petani, kawanan kera ini sengaja meninggalkan tanaman yang dirusak, seperti wortel. Mereka tidak memakan habis wortel, bahkan hanya digigit sedikit dan ditinggalkan begitu saja.

“Pernah saya kumpulkan sampai 1 kwintal,” imbuh Joko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge