0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Saksi Kasus Angeline Mengaku Diteror

dok.merdeka.com

Aksi seribu lilin buat angeline

Timlo.net – Para saksi dari kasus kematian Angeline mendapat teror dari beberapa pihak. Menurutnya, para saksi memperoleh citra negatif sebagai pembunuh tanpa berdasarkan bukti dari kepolisian.

“Ada 3 saksi, yang menempati rumah Margriet. Mereka diteror atas kasus ini, sehingga takutnya enggan memberikan penjelasan saat pemeriksaan,” kata Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Muhammad Ikhsan, Senin (22/6).

Menurut Ikhsan, ada beberapa oknum yang menekan para saksi. Selain itu, masyarakat dan media massa telah memperkuat opini negatif tersebut.

“Ada tekanan kepada pihak saksi. Banyak mereka mendapat cap jahat dan tidak baik. Polisi perlu melakukan perlindungan kepada mereka agar aman dan tidak mempengaruhi keterangan,” kata Ikhsan.

Atas hal itu, kata Ikhsan Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK) telah berada di Bali untuk memberikan perlindungan kepada para saksi kasus kematian gadis cantik Angeline.

Terpisah, Karopenmas Mabes Polri Brigjen Agus Triyanto tidak membenarkan adanya laporan terkait teror dan tekanan kepada pihak saksi.

“Saya tidak mendapat laporan adanya tindakan tak menyenangkan. Kita akan melindungi mereka sebagai saksi kalau sampai seperti itu,” kata Agus.

Sementara itu, Komisioner KPAI lainnya, Erlinda mengatakan, perlunya peranan bersama antara pemerintah, polisi serta masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi kekerasan terhadap anak. Salah satunya pada kasus kematian gadis cantik Angeline di Bali.

“Semua perlu terlibat. Terutama perlunya pendidikan anak di lingkungan keluarga dan universitas,” kata Erlinda.

Bagi Erlinda, pemerintah mesti mengoptimal program pendidikan psikologi anak. Menurut dia, orangtua perlu melakukan pengasuhan berdasarkan tumbuh kembang anak. Selain itu, peran universitas dalam mencipta ilmu pengetahuan dan para pengajar yang handal dalam masalah pendidikan usia dini.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge