0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hubungan Intim Tidak Sebabkan Sakit Punggung

Sakit punggung. (Dok: Timlo.net/ Corbis.)

Timlo.net—Bisakah hubungan intim memicu sakit punggung bawah? Menurut sebuah penelitian baru jawabannya adalah tidak. Kesimpulan penelitian ini menyatakan sakit punggung umumnya dikarenakan mengangkat beban yang berat.

Para peneliti dari George Institute for Global Health, Australia, mewawancarai sekitar seribu orang tentang apa yang mereka duga sebagai penyebab sakit punggung mereka. Setelah para peneliti akan mengevaluasi keakuratan pendapat seribu orang ini dan penyebab sebenarnya dari sakit punggung yang mereka alami.

Berbeda dari pendapat umum, aktivitas seksual bukanlah penyebab utama sakit punggung. Hanya tiga orang yang menyatakan sakit mereka disebabkan karena hubungan intim, tulis Sydney Morning Herald.

“Mereka tidak takut membicarakan aktivitas seksual mereka tapi mereka memang benar-benar tidak merasa bahwa aktivitas ini menyebabkan sakit punggung,” kata peneliti senior Profesor Manuela Ferreira.

Dua pertiga orang beranggapan sakit punggung disebabkan karena hal fisik atau aktivitas fisik. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa orang cenderung mengalami sakit punggung saat mengangkat benda berat tanpa kewaspadaan.

Penyebab lain adalah aktivitas fisik tingkat sedang dan posisi tubuh yang salah. Dua aktivitas yang dianggap paling beresiko menyebabkan sakit punggung adalah berkebun dan golf. Penelitian ini diterbitkan di jurnal Pain.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge