0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Penipuan CPNS, Diduga Pelapor Ikut Terlibat

dok.timlonet/nanang rahadian
Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo (dok.timlonet/nanang rahadian)

Karanganyar — Polres Karanganyar mencurigai seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang tinggal di Kwangsan, Jumapolo, MP (44) sebagai perantara atau calo dalam kasus penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dilakukan oleh Sunardi warga Pengin Lor RT 003/RW 009, Macanan, Kebakkramat.

“Kami masih memeriksa pelapor MP karena ikut menyetorkan uang ke sejumlah rekening,” kata Kasatreskrim Polres Karanganyar AKP Andri Ilyas.

Sesuai keterangan MP kepada Polres, kata Andri, MP telah menyetorkan uang dari 66 orang tenaga honorer K1 dan K2 senilai total Rp2,826 miliar. Uang itu disetor ke sejumlah rekening di BRI, BCA, dan Mandiri. Dari situ, muncul dugaan bahwa MP berperan sebagai perantara antara 66 orang tenaga honorer K1 dan K2 itu dengan Sunardi.

“Dia masih kami periksa, dugaan mengarah kesitu ada, tapi semuanya masih kemungkinan,” kata AKP Andri Ilyas, saat dihubungi wartawan, Senin (22/6).

Selain Sunardi dan MP, Polres memuncul nama lain berinisial B. Dia tinggal di Jakarta. Namun, Polres enggan memberikan informasi detail siapa B itu. Sejumlah transaksi dari rekening Sunardi mengalir ke orang berinisial B itu.

“Ya kami masih memeriksa. Dia di Jakarta dan infonya sudah meninggal. Kalau soal tindak pidana pencucian uang belum mengarah ke situ. Kami masih mencurigai beberapa orang. Tim akan mengecek ke BKN untuk memastikan bendel berisi NIP 66 orang,” ungkapnya.

Sunardi melancarkan aksi mengiming-imingi korban menjadi CPNS dengan syarat menyetorkan sejumlah uang. Setoran tergantung dari ijazah calon korban. Calon korban yang menggunakan ijazah SMA harus menyetor Rp 60 juta – Rp 80 juta, ijazah D3 Rp 80 juta – Rp 100 juta, sedangkan ijazah S1 Rp 100 juta- Rp 125 juta. Akibatnya, 66 orang itu menderita total kerugian Rp 2,826 miliar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge