0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bajak Laut Ditangkap, Sebagian Mengaku Dari Indonesia

dok.merdeka.com
Kapal Tanker Malaysia (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Bajak laut yang membajak kapal tanker Malaysia tertangkap di Pulau Thochu, Vietnam. Delapan orang diantaranya mengaku sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

“Delapan orang ditahan oleh pihak keamanan Vietnam. Mereka mengakunya WNI, namun mereka tidak punya dokumen jadi harus diverifikasi,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Sabtu (20/6).

Direktur Perlindungan WNI dan bantuan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Lalu Muhammad Iqbal, menjelaskan, hari ini para perompak tersebut baru tiba di Pulau Phu Quoc, Vietnam. Mereka dibawa oleh otoritas setempat untuk diperiksa.

“Mereka baru sampai Pulau Phu Quoc malam ini untuk diperiksa,” ujar Iqbal, sapaan akrabnya.

Iqbal juga mengatakan belum ada keterangan resmi mereka benar-benar WNI sebab pemeriksaan baru akan dilaksanakan besok pagi oleh staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di sana.

“Belum (WNI). Staf KJRI sudah tiba di sana untuk verifikasi, tapi baru akan bertemu delapan perompak itu besok pagi,” terang dia.

Kapal tanker MT Orkim Harmony tersebut membawa 22 awak yang berasal dari tiga negara berbeda. Ke-22 awak kapal itu terdiri dari 16 awak kapal asal Malaysia, 5 dari Indonesia, dan seorang dari Myanmar.

Adapun nama awak WNI adalah Bambang Suryawan, Iwan Asriadi, Mawit Bin Matin, Nathan Kombblongan, dan Nelson Hasiholan Sitorus.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge