0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Donor Darah Terus Berjalan, Stok Darah Aman

Klaten – Selama bulan Ramadan, minat masyarakat mengikuti kegiatan donor darah menurun. Kendati demikian, Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten menjamin ketersediaan darah tetap aman.

“Stok darah aman untuk sepuluh hari ke depan atau setengah perjalanan puasa. Pasalnya, dalam sebulan ada 20 kegiatan donor darah dan jadwal rutin donor dari komunitas-komunitas donor kita majukan sebelum puasa,” kata Kepala Tata Usaha PMI Klaten, Gunawan, Sabtu (20/6).

Hingga hari ini atau tiga hari jalannya puasa, disebutkannya, sudah ada 600 kantong darah yang keluar. Sedangkan ketersediaan darah di PMI Klaten untuk golongan A masih 41 kantong, golongan B ada 122 kantong, golongan O sebanyak 142 kantong, dan golongan darah AB tersedia 35 kantong.

“Permintaan paling banyak golongan darah O, A dan B, paling sedikit AB. Sebanyak 600 kantong darah tersebut kita salurkan ke bank darah RSUP Soeradji Tirtonegoro, Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten, dan RS Cakra Husada,” sebutnya.

Untuk mengantisipasi kelangkaan darah selama lebaran, pihaknya tetap melakukan kegiatan donor di tempat ibadah non muslim, seperti gereja, wihara dan tempat lainnya. Selain itu, antisipasi bila terjadi kasus demam berdarah saat memasuki awal musim kemarau ini.

“Selama bulan puasa ini kita targetkan 600 sampai 700 kantong lagi. Sedangkan untuk kegiatan donor darah umat muslim dilakukan selepas shalat Tarawih. Hal ini biasa kita lakukan setiap bulan Ramdan,” imbuhnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge