0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDB, Tidak Boleh Ada Siswa Titipan

dok.timlo.net/tyo eka
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Solo, Etty Retnowati (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kota Solo, Etty Retnowati menyatakan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) aturan sudah jelas baik online maupun offline.

Ketika menanggapi banyak calon siswa yang dititipkan, Etty menyatakan bahwa tidak bisa. Prosedur PPDB harus dijalankan sesuai aturan.

“Prosedur harus dijalankan,” tegas Etty, Sabtu (20/6).

Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 ayat (1) dan Pasal 5 ayat (1) bahwa Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskrimanitif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai cultural serta kemajukan bangsa.

“Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Karena itu, tidak ada yang namanya titip-titipan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, menurut Etty, masyarakat hendaknya mengerti apa yang dimaksud PPDB offline dan online. PPDB offline adalah sistim PPDB TK/TKLB/SD/SDLB/SMP/SMPLB/SMA/SMALB dan SMK yang dilaksanakan di masing-masing sekolah secara transparan dan akuntabel.

Sedang PPDB online adalah Sistim PPDB SMP dan SMA secara transparan dan realtime berbasis pada Teknologi Informasi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge