0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Resmikan Pelabuhan Tanjung Batu di Belitung

dok.merdeka.com
Jokowi resmikan pembangunan Bendungan Keureuto. ©Setpres RI/agus s (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu di Kabupaten Belitung, Provinsi Babel. Jokowi berharap, pelabuhan tersebut dapat memperkuat perekonomian daerah itu.

“Saya berharap pelabuhan ini akan memperkuat perekonomian di sini, juga membuka akses lebih luas ke daerah ini, serta menjadikan sebagai destinasi pariwisata,” kata Jokowi saat meresmikan, seperti dilansir Antara, Sabtu (20/6).

Hadir dalam peresmian tersebut Menhub Ignasius Jonan, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menkes Nila Moeloek, Menperin Saleh Husin, Kepala BKPM Frangky Sibarani dan Gubernur Babel Rustam Effendi.

Pelabuhan dengan areal darat seluas tiga hektare itu dibangun dengan dana APBN Rp 47,31 miliar lebih secara tahun jamak sejak 2004 hingga 2014. Pelabuhan itu memiliki fasilitas pelayanan terminal penumpang, terminal general cargo, batu bara dan kontainer dan terminal khusus CPO.

Terminal penumpang memiliki luas 304 meter persegi dan dermaga 120×60 meter persegi yang dapat disandari kapal 6.000 DWT. Pelabuhan itu memiliki posisi strategis karena berada dekat dengan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) 1.

Pelabuhan itu berbatasan langsung dengan Laut China Selatan di sebelah utara, Laut Jawa di sebelah selatan dan Selat Gaspar di sebelah barat. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge