0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Lebaran, 1.150 Pemotor Daftar Mudik Gratis

Arus balik pemudik motor (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 1.150 orang telah resmi mendaftar untuk program mudik gratis pengendara sepeda motor oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tujuan para calon pemudik tersebut beragam, di antaranya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Sejak pendaftaran dibuka tanggal 17 Juni sampai 19 Juni 2015, sudah 1.150 orang yang mendaftar,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Djoko Sasono kepada wartawan di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Jumat (19/6).

Djoko menambahkan, untuk program mudik gratis tersebut membuka kapasitas untuk 25.000 orang.

Nantinya, lanjut Djoko, sepeda motor milik pemudik akan diantar ke kota terdekat dari kampung halaman masing-masing. “Program ini untuk antisipasi kepadatan di jalan raya,” tuturnya.

“Meskipun upaya ini tidak menyentuh kepada seluruh kegiatan angkutan Lebaran yang tersebar di seluruh Indonesia, namun Kementerian Perhubungan dengan segala keterbatasannya memprioritaskan pada kegiatan transportasi yang paling rentan dalam keselamatan,” tambah Djoko.

Masyarakat, lanjut Djoko, bisa melakukan pendaftaran melalui website www.mudikgratis.dephub.go.id atau datang langsung ke Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat Nomor 8 Jakarta.

Pendaftaran melalui online telah dibuka mulai 1-30 Juni 2015, sedangkan untuk pendaftaran langsung (offline) dibuka mulai 15 Juni-8 Juli 2015. Pendaftaran secara langsung juga dapat dilakukan pada beberapa lokasi lain, yaitu :

1. Untuk moda angkutan jalan (pemudik naik bus, sepeda motor diangkut truk), pendaftaran secara langsung dapat dilakukan juga di Terminal Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang, Kantor Dishub Kota Tangerang Selatan dan Kantor Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Bulak Kapal Bekasi.

2. Untuk moda angkutan kereta api, pendaftaran secara langsung untuk pengangkutan sepeda motor gratis dapat dilakukan di Stasiun Bekasi, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tangerang, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Jakarta Gudang.

3. Untuk moda kapal laut pendaftaran secara langsung juga dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok. [bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge