0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngaku Pensiunan Jenderal, Jemblung Raub Rp 2 Miliar

Calo CPNS

timlo.net/nanang

Kasubag Humas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo menunjukkan barang bukti

Karanganyar – Sunardi alias Jemblung (46) berhasil menipu 66 orang korban yang dijanjikan masuk sebagai PNS. Warga Pengin RT 03 /RW 09, Desa Macanan, Kecamatan Kebakkramat ternyata mengaku sebagai pensiunan jenderal. Selama menjalankan aksinya itu, pelaku berhasil meraup uang Rp 2 Miliar lebih.

”Dalam menjalankan aksinya, tersangka meminta para korban membayar sejumlah uang,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo saat gelar perkara di Mapolres Karanganyar, Jumat (19/6).

Para korban yang merupakan lulusan SMA sampai sarjana S1 dijanjikan akan bisa masuk menjadi CPNS, tanpa melalui jalur seleksi di wilayah Solo Raya. Bahkan sampai ke wilayah Ngawi dan Magetan di Jatim, maupun daerah lain.

“Jumlah uang yang sudah disetorkan mencapai Rp 2,826 Miliar,” lanjutnya.

Dalam pemeriksaan awal, jika korban ingin lebih yakin, diminta mencari informasi ke seseorang di lain daerah yang diduga juga kaki tangannya. Karena itu ketika memperoleh keterangan itu, calon korban benar-benar yakin.

“Jadi orang yang minta tolong diuruskan, benar-benar yakin sehingga mudah dalam mencari mangsa,” jelasnya.

Bahkan, Suanrdi bisa menunjukkan foto kopian SK (Surat Keputusan) dan NIP (Nomor Induk Pegawai) dari BKN yang diberikan kepada korban. Bagi yang sudah menerima SK dan NIP itu, diminta menunggu panggilan masuk kerja.

“Tapi setelah ditunggu berbulan-bulan namun hasilnya nihil sehingga para korban mulai buka suara,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge